Sabtu, 07 Juli 2012

Liputan Trip Krakatau Mei 2012

Perjalanan kali ini rafauli photography diajak untuk liputan foto trip ke anak gunung krakatau, check point di pelabuhan merak, saya sampai di pelabuhan merak jam 10.05 wib nunggu rombongan eo yg di ketuai oleh cendy, jam 11.30 wib sudah berkumpul sambil nunggu 4 teman lagi yg belum datang...akhirnya kumpul semua jam 02.55 wib kita siap untuk brangkat meninggalkan pulau jawa, tiket kapal 11.500,- untuk dewasa dan anak-anak 7 rb aja.

Sampai di bangkahuni jam 5.30 wib sudah termasuk siang untuk trip ke anak krakatau, melanjutkan perjalanan ke dermaga centi mengunakan angkot carteran warna kuning, kami pakai 3 mobil dari Bangkahuni. Arah darmaga centi rute kedermaga centi dari kalianda belok kiri, patokannya ada patung sultan hasanudin kale yah...akhirnya sampai juga di dermaga centi, perjalanan hanya 45 menit.

Sampai di dermaga centi kita sarapan terlebih dahulu, disalah satu warung di lokasi dermaga, setelah selesai perjalanan dilanjutkan lagi dengan spead boot, karena kita sudah terlalu siang maka ujuan anak krakatau diganti besok pagi, hari ini kita brangkat jam 8.30 wib ke arah pulau sebuku kecil untuk bersenorkling ria, setelah puas sekitar 1 jam kita pindah snorkling di sebuku besar, bersebrangan dengan pulau sebuku kecil, di sini kita bersnorkling ria lagi, saya mencoba foto underwoter, casing yang dipinjamkan kawan saya hendra setiawan,  ternyata teman-teman menunggu kehadiran saya, begitu saya turun ke air semuanya bersorak gembira, dan bernarsis ria di bawah air, bahkan ada yg minta di foto saat mereka memegang karang di dalam air, luar biasa lokasi di sebuku besar, saya rekomendasikan pulau sebuku besar wajib untuk di nikmati dan jangan di lewatkan untuk bersnorkling ria, luar biasa pemandangan bawah lautnya, trumbu karang yang di rawat oleh penduduk sebesi, awak kapal langsung menyarankan kepada kami agar tolong jangan menginjak trumbu karang, sayang kalau rusak, salut sama mereka, untuk merawat dan memperindah spot snorkling di sebuku besar.


Setelah puas kita melanjutkan perjalanan menuju Pulau Sebesi jam 12.30 wib kita tiba di pulau sebesi, tempat kita menginap, setelah makan siang dan istirahat sejenak jam 15.00 wib kita melanjutkan snorkling lagi  di pulau umang-umang,  spot snorkling di pulau ini lumayan bagus, hanya saja pantainya terlalu landai, saran bila snorkling disini mengunakan alas sandal, karena pantainya landai, maka akan banyak karang yang terijak-injak, setelah puas dan matahari juga sudah hampir turun, maka kita putuskan untuk kembali ke pulau sebesi untuk istirahat.

Makan malam di sebesi jam 7.00 terus dilanjutkan dengan barbeque.... Abis barbequean saya menyempatkan ngopi di warung satu-satunya di penginapan ini, oh ya penginapan yang kita pergunakan ini adalah milik pemda lampung, saya ngopi sambil ngobrol sama pa uyun pengelola penginapan dari pemda setempat...ngobrolin tentang potensi aset bawah laut di desa Tejang Sebesi... Luar biasa loyalitas dan perhatian pak uyun ini memajukan pariwisata di wilayah ini. Bagaimana membina masyarakat sini untuk menjaga dan melestarikan trumbu karang di wilayah ini, sehingga kita sebagai pelancong dapat menikmati pesona alam bawah laut. Pelestarian hutan juga sering di lakukan dengan penanaman bibit sengon afrikan, jabon (gempol), medang, sengon biasa dll. Mungkin bantuan PLTA disini sangat di butuhkan, karena lebih sering mati lampunya, dari pada hidupnya, karena di daerah sini masih menggunakan tenaga desel. Panjang lebar kami ngobrol.

Karena waktu sudah menunjukan pukul 22.00 akhirnya saya putuskan untuk pergi tidur.
Jam 03.00 kita di bangunkan semua sama ketua panitia, untuk bersiap-siap, jam 4.30 wib kita brangkat menuju anak krakatau, pagi ini ombak sangat besar, membuat kapal bergoncang sangat hebat karena hantaman dari gelombang ombak banyak teman-teman yang mual-mual, awalnya seh pada gaya duduk di atas perahu, begitu 15 menit jalan pada masuk semua karena mual dan takut mental hahaha, hanya beberapa orang saja yg tetap di atas, uji ilmu kale...hahahahah. Jam 6.30 kami tiba di anak gunung krakatau, cendy sebagai ketua rombongan melakukan registrasi ulang, kemudian kita mulai melakukan traking, jam 08.00 kita sampai dipunggung anak krakatau, foto2 sesaat dan narsis2an, kita semua merasa puas dan bahagia, benar2 ciptaan maha kuasa yg sempurna, view gunung krakatau sangat bagus dinikmati, setelah puas kita turun dan sarapann, perjalanan di lanjutkan untuk snorkling di Lagoan Cabe, perjalanan 30 menit menuju lokasi Pulau Lagoan Cabe, kami bersnorkling di wilayah ini, sungguh luar biasa, semua teman2 berdecak kagum, menikmati view pemandangan bawah laut, tempat yg saya rekomendasikan juga untuk teman-teman yg berkunjung atau ikut trip anak krakatau, Lagoan Cabe, lokasi kedua terbaik hampir sama dengan gilingan pulau sebuku besar, di lagoan cabai istimewanya ikan2 disini sangat banyak, disarankan untuk membawa biskuit maka kita akan di krubuti oleh ikan beraneka warna, sungguh mempesona pemandangan bawah laut. Sungguh sempurna lagi ciptaan sang khalik ini.


Setelah puas bersnorkling kita kembali ke pulau Sebesi jam 12.30 kita beres-beres, packing kemudian makan siang dan persiapan pulang, kembali ke dermaga centi, brangkat dr sana jam 02.00 wib sampai di dermaga centi jam 16.30 wib. Angkot yg kemaren kita sewa sudah siaap menunggu di Dermaga Centi. Teman-teman yang sudah tidak nahan pipis langsung menyerbu toilet umum. Kemudian kita berangkat ke bangkauni. Sampai di pelabuhan bangkahuni jam 06.00 wib, seperti biasa cendy membeli tiket kapal roro untuk nyebrang ke pelabuhan merak. tiba di pelabuhan merak jam 22.30 wib lama tertahan karena menunggu antrian masuk pelabuhan Merak. sesampainya di Merak kami semua berjabat tangan dan berpisah menuju rumah masing-masing.

Kami Ucapkan terimakasih kepada ketua trip Krakatau Cendy sudah percaya kepada kami dan mengajak kami untuk meliput aktifitas trip mereka.

Tidak ada komentar: