Senin, 06 April 2015

Yuk Ngasih Makan Orang Utan di Tanjung Puting 25-27 September 2015 (cuti hari jumat)

Dear backpacker

Salam trip.

Kami dari Rafauli Trip mau mengajak teman-teman para backpacker untuk memberi makan dan melihat serta menyaksikan dari dekat kehidupan orang utan di wilayah Tanjung Puting, tanggal 25-27 September 2015 silakan ambil cuti 1 hari di hari jumat. . sebelumnya kami info mengenai Wilayah Tanjung Puting:

Tanjung Puting pada awalnya merupakan cagar alam dan suaka margasatwa dengan luas total 305.000 ha yang ditetapkan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 13 Juni 1936. Selanjutnya pada tanggal 12 Mei 1984 oleh Menteri Kehutanan, Tanjung Puting ditetapkan sebagai Taman Nasional luasnya menjadi 415.040 ha.
 
Trims untuk Fotografernya

Secara geografis terletak antara 2°35'-3°20' LS dan 111°50'-112°15' BT meliputi wilayah kecamatan Kumai di Kotawaringin Barat dan di kecamatan Hanau serta Seruyan Hilir di Kabupaten Seruyan.
Taman Nasional Tanjung Puting di kelola oleh Balai Taman Nasional Tanjung Puting, sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan.


Taman Nasional ini memiliki beberapa tipe ekosistem, yaitu hutan tropika dataran rendah, hutan tanah kering (hutan kerangas), hutan rawa air tawar, hutan rawa gambut, hutan bakau atau mangrove, hutan pantai, dan hutan sekunder.

Jenis-jenis flora utama di daerah utara kawasan adalah hutan kerangas dan tumbuhan pemakan serangga seperti kantung semar (Nephentes sp). Hutan rawa gambut sejati ditemukan di bagian tengah kawasan dan di tepi beberapa sungai, dan terdapat tumbuhan yang memiliki akar lutut, dan akar udara. Di sepanjang tepi semua sungai di kawasan ini terdapat hutan rawa air tawar (aluvial) sejati, memiliki jenis tumbuhan yang kompleks dan jenis tumbuhan merambat berkayu yang besar dan kecil, epifit dan paku-pakuan menjalar dalam jumlah besar. Di daerah utara menuju selatan kawasan terdapat padang dengan jenis tumbuhan belukar yang luas, hasil dari kerusakan hutan kerangas akibat penebangan dan pembakaran. Umumnya terdapat dalam kantung-kantung di sepanjang sungai sekonyer dan anak-anak sungainya. Tumbuhan di daerah hulu sungai utama terdiri atas rawa rumput yang didominasi oleh Pandanus sp dan bentangan makrofita (bakung) yang mengapung, seperti Crinum sp di daerah pantai meliputi hutan bakau (mangrove) dan lebih jauh ke daratan yaitu di kawasan payau pada muara-muara sepanjang sungai utama, terdapat tumbuhan asli nipah. Tumbuhan meluas ke pedalaman sejauh sungai, dan menandai kadar intrusi air payau ke darat. Untuk daerah pesisir pada pantai-pantai berpasir banyak ditumbuhi tumbuhan marga Casuarina, Pandanus, Podocarpus, Scaevola, dan Barringtonia.

Kawasan TNTP dihuni oleh sekitar 38 jenis mamalia. Tujuh di antaranya adalah primata yang cukup dikenal dan dilindungi seperti orangutan (Pongo pygmaeus), bekantan (Nasalis larvatus), owa-owa (Hylobates agilis), dan beruang madu (Helarctos malayanus). Jenis-jenis mamalia besar seperti rusa sambar, kijang (Muntiacus muntjak), kancil (Tragulus javanicus), dan [[babi hutan (Sus barbatus) dapat dijumpai di kawasan ini. Bahkan, beberapa jenis mamalia air seperti duyung (Dugong dugong) dan lumba-lumba dilaporkan pernah terlihat di perairan sekitar kawasan TNTP.
Sumber dari WikipediA

 Trims untuk Fotografernya

Demikian sekitas tentang Tanjung Puting.... makin penasaran... yuk simak yang ini yah....

Biaya Paket Rp. 2.100.000,-
Dp. Rp. 500.000,-

Include:
- Antar Jemput Bandara
- Carter Boat selama kita disana
- Guide
- Ticket Masuk Kawasan
- Dokumentasi Rafauli Trip
- Biaya Sandar Kapal
- meals 6x(pagi 2x, siang 2x, malam 2x )
- air mineral, Kopi, dan Teh
- soft drink and snack also fresh fruit
- Biaya Perijinan
- Bibit pohon untuk di tanam
- Ranger.

Exclude:
- Tiket Pesawat Jkt - Pangkalan Bun
- Airport Tax
- Keperluan Pribadi
- Oleh-oleh, souvenir dll
- Makan di luar jadual

Info pesawat:
Hari Jumat penerbangan pakai 3ga*na jam 9.15 - 10.20 waktu sana hanya ada 1 penerbangan
pulang menggunakan K*lSt*r jam 13.00 waktu sana hanya ada 1 penerbangan
Karena jadual trip padat dan penerbangan pesawat hanya 1 x di tiap bandara yang ada penerbangan maskapai ini, kami sarankan yang dari daerah lain selain Jakarta untuk mencari alternatif laen atau 1 hari sebelumnya sudah sampai disana.
Kami bisa bantukan pemesanan tiket PP sekitar kurang lebih 1,1 jt - 1,3 jt pp bagi yang dari jakarta.

Itenerary
Day 1

Penjemputan peserta tur di Bandara Iskandar, Pangkalan Bun. lanjut perjalanan menuju Pelabuhan Kumai. Makan siang di atas kapal wisata sambil menuju Tanjung Harapan di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting. Trekking dan menyaksikan orang utan di habitat asli nya. Sore hari, peserta diajak menyusuri Sungai Sekonyer sambil menyaksikan Bekantan di sepanjang sungai. Makan malam di kapal. Istirahat.

Day 2
Sarapan pagi di kapal. Peserta diajak menyusuri Sungai Sekonyer menuju Pondok Tanggui. Di Pondok Tanggui, peserta diajak trekking di hutan untuk menyaksikan orang utan di habitat aslinya. selesai menyaksikan orang utan di Pondok Tanggui, peserta diajak menyusuri sungai kembali untuk menuju Camp Leakey sambil makan siang di kapal. Camp Leakey merupakan pusat penelitian yang terkenal di Tanjung Puting. Disini peserta diajak ke Museum Orang Utan serta trekking menuju hutan untuk menyaksikan orang utan di habitat aslinya.
selesai di Camp Leakey, kembali menyusuri Sungai Sekonyer untuk menyaksikan koloni Bekantan, burung King Fisher dll. Serta menikmati teh dan kopi di sore hari. Makan malam di kapal dan bermalam di kapal.

Day 3
Sarapan pagi dan kembali menuju Kumai. Belanja oleh-oleh. Peserta di antar ke Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Tur berakhir.
****************************************************************************

Trims untuk Fotografernya

Peralatan Pribadi yg dibawa (Min.)
- Obat-obatan Pribadi -- > yg mabok bisa membawa obat-obatan penghilang mabok
- Pakaian ganti untuk 3 hari 2 malam, pakaian hangat
- Drybag
- Topi / payung / Rain Coat
- Sepatu Olah Raga, sandal jepit atau sandal gunung
- Peralatan bersih diri (sabun, sikat gigi, shampo, handuk)
- Sunblok
- lotion anti nyamuk (Menghindari wabah serangan nyamuk)
- PPPK pribadi
- Kamera Pocket maupun DSLR (Bernarsis RIA)bila ada
- Sleeping Bag
- Kaos Kaki
- Sarung tangan

****************************************************************************
Syarat dan Ketentuan:
1.Peserta yang akan mendaftar wajib membayar DP sebesar Rp. 500.000,- max 3 hari setelah namanya di update di daftar list peserta
2.DP tidak bisa di kembalikan (hangus) apabila peserta cancel, tapi bisa di gantikan oleh peserta lain.
3.Jadwal acara dapat berubah bila terjadi faktor non teknis di lapangan
4.Pelunasaan minimal 7 hari sebelum hari keberangkatan yah.
****************************************************************************

Tata Cara pendaftaran :
Bagi Peserta yang ingin mendaftar atau bertanya-tanya dapat menghubungi kontak person kami sms:

(ketik TANJUNG PUTING#NAMA LENGKAP#JENIS KELAMIN)

Contoh: (Tanjung Puting#Sapoy Rose#Laki-laki)

Kirim Ke
SMS/WA
- Sapoy (0838-0752-7652)
- Putri (0838-1211-2153)
- Thiara (0811-999-6956)
- Mutsha (0896-1708-1633)
- Aai (0821-2433-9941)

BBM
- Pin BB 27B9277B (Sapoy)
- Pin BB 277CC1DF (Putri)
- Pin BB 51A7CA7F (Thiara)
- Pin BB 2A6760F3 (Mutsha)

Peserta yang akan mendaftar bisa mentransfer DP ke rekening :
BRI : 1274-01-0000-225-61 a.n Evan Ch
(sebelum transfer atau sesudah transfer mohon konfirmasi ke nomor di atas)


Info Trip ini di publish juga di BPI

Peserta Trip
1. Mr. Indra Gunawan
2. Mr. Erwin
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

Tidak ada komentar: