Sabtu, 07 Juli 2012

Liputan Trip Ujungkulon with BANK BRI

Trip Ujungkulon bersama Bank BRI pada tanggal 15 - 17 Juni 2012 peserta yang ikut di trip ini berjumlah 28 orang semuanya dari Bank BRI Div. Logistik. perjalan kami awali dari Jl. Proklamasi tepat jam 22.00 WIB diawali dengan doa bersama, bis melaju melewati tol Merak. Setalah melalui 8 jam perjalanan akhirnya kita tiba di Desa Sumur, lokasi dimana awal mulainya kita memasuki Taman Nasional Ujungkulon. Sebagian ada yang mandi dan berganti pakaian dan yang lainnya sarapan, menu yang sudah kami sediakan, Nasi Uduk ala Desa Sumur.




Sambil menunggu Renger yang akan menemani kami selama dalam perjalanan di Taman Nasional Ujung Kulon, Pak Nana beliau adalah renger yang ditugaskan untuk menamani kami. setelah kami bertemu dengan pak nana dan semua peserta trip selesai sarapan maka tepat jam 07.00 akhirnya saya sebagai ketua Trip memutuskan untuk berangkat.

Awal untuk mencapai perahu boot kami diantar dengan kapal nelayan yang berkapasitas 15 orang. tentu saja karana jumlah kami sebanyak 30 orang maka penjemputan dilakukan 2 kali. Sesampainya di kapal kamipun langsung memutuskan dan memerintahkan kapten kapal untuk segera berangkat, karena sudah banyak teman-teman yang sudah tidak sabar untuk mengarungi lautan pesisir Selat Sunda.



Tujuan pertama trip kami adalah pulau Handeleum, perjalanan 2 jam kami tempuh untuk mencapai pulau ini, Pulau Handelem adalah pulau dimana tempatnya atau pintu gerbang untuk memasukin kawasan Taman Nasional Ujungkulon, dimana register dan pendaftaran disini akan di cek kembali oleh petugas di sana, sesampainya di Pulau Handeleum saya melakukan registrasi ulang, sedangkan teman-teman peserta trip aasik untuk mengabadikan view disana dan banyak pula yang bernarsis ria, termasuk salah satu tim dari Rafauli yang minta di foto di tugu dari Pulau Handeleum.


Setelah 30 menit kita berada di lokasi Pulau Handeleum, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Sungai Cigenter, dimana di sungai tersebut kita akan melakukan Kanoin. sekitar 5 menit perjalanan ternyata di tengah perjalanan tersebut sudah menunggu kano-kano yang sudah kita sewa untuk di tarik mengikuti kapal kita lengkap dengan pemandunya. perjalanan 30 menit untuk mencapai Sungai Cigenter, sesampainya muara sungai cigenter kamipun berpindah satu persatu untuk menempati kano-kano yang akan membawa kita mengeksplor keindahan Sungai Cegenter, perjalan yang akan ditempuh untuk berkano selama 3 jam PP, pergi 1,5 jam dan kembali 1,5 jam.



Setelah selesai berkano kita kembali ke kapal capai, lelah, tarbayar dengan pemandangan di dalam sungai cigenter, perjalanan kami lanjutkan, tujuan kami adalah Pulau Peucang, lokasi atau pulau dimana kita menginap, makan siang kami siapkan di kapal, setelah perjalanan 3 jam sampailah kami di pulau Peucang, sambutan oleh binatang; Kijang, babi hutan dan monyet di pulau ini kami dapatkan menyapa kita dengan bersahaja, sungguh tampilan penginapan yang di penuhi binatang ini sangat mempesona. setelah selesai pembagian kamar, acara kami lanjutkan bersnorkling di Pulau Peucang, banyak kawan-kawan yang lupa waktu dikarenakan asiknya bersnorkel, akhirnya saya memangil teman-teman untuk segera bersih-bersih karena acara akan kita lanjutkan tracking menuju Karang Copong untuk menyaksikan sunset.



Setelah bersih-bersih jam sudah menunjukkan jam 17.00 wib, sungguh waktu yang sudah mepet untuk menyaksikan sunset, tapi dengan perasaan penasaran akhirnya trip tracking kami jalankan, perjalan memakan waktu 1 jam membedah hutan di pulau pecang, lokasi Karang copong adalah berbeda sisi dengan dermaga peucang. sesampainya disan kita hanya dapat menyaksikan langit yang sudah merah, tapi kami semua tidak putus asa, bahkan ada beberapa peserta yang bilang next kita harus rada siangan untuk mencapai lokasi Karang Copong, kami sempatkan untuk potret-potret, setelah puas akhirnya kita putuskan untuk kembali ke penginapan.



Setelah perjalanan 1 jam lagi akhirnya kami tiba di penginapan, makan malampun sudah disiapkan, teman-teman langsung memilih makan terlebih dahulu daripada bersih-bersih. makan malam di pinggir pantai sungguh mengasikan, babi hutan, rusa dan monyet tidak ketinggalan ikut berkerumun, sehingga membuat anggota rafauli berulang kali mengusir agar tidak terlalu dekat. setelah makan malam dan bersih-bersih dilanjutkan acara barberque, menu ikan bakar, tongkol, kue dan GP sudah diap untuk di bakar, beberapa peserta berinisiatif untuk membakar ikan tersebut. sampai akhirnya semua habis tersantap, bahkan beebrapa kawanan babi hutanpun dapat jatah dari beberapa peserta yang memberi. Setelah selesai, kami berbincang-bincang ditemani dengan kopi yang disiapkan, dan beberapa peserta sudah mulai mengundurkan diri untuk masuk ke kamar masing-masing.
Jam 06.00 WIB kami pun sudah siap kembali, pagi itu suasana di P. Peucang sungguh mempesona, matahari menyinari pantai dengan cahaya yang hangat, kami lanjutkan acara snorkling di sisi yang berbeda di pulau peucang, menggunakan kapal boot jarak yang kami tempuh 10 menit, begitu sampai di lokasi, teman-teman sudah tidak sabar untuk masuk ke dalam air, karna pemandangan bawah air dari atas seolah-oleh sudah melambai-lambai kepada kami. foto underwaterpun dari rafauli photography turun juga, air lautpun terasa hangat karena sinar matahari saat itu sangat bagus. setelah 1,5 jam bersnorkel, akhirnya kami kembali ke pulau dan sarapan di kapal sudah menanti.



setelah bersih-bersih, mandi dan berberes kami pun chekout, sebelum meninggalkan pulau kita sempatkan untuk foto keluarga. kemudian perjalanan kami lanjutkan ke desa sumur, karena peserta menyatakan untuk tidak mengikuti trip yang laen, maka kamipun mengikuti untuk kembali ke desa sumur, perjalanan 3 jam kami tempuh begitu sampai di desa sumur, kami kembali dijemput oleh kapal nelayan untuk di antar ke tepi pantai, makan siangpun sudah kami siapkan untuk peserta, setelah semua selesai kami putuskan untuk masuk ke bus dan kembali pulang ke Jakarta.


Semua peserta kami merasa puas, seperti slogan dari trip kami mereka banyak yang menyatakan tanpa rafauli trip tidak akan berkesan...hahaha...membuat saya ge.er hehehehe... mereka puas kami lebih puas.
Terimakasih kami ucapkan untuk Bank Rakyat Indonesia khususnya Div. DML yang sudah memilih kami untuk trip Ujungkulon.

Tidak ada komentar: