Senin, 23 Juli 2012

PULAU SEBESI

Pulau Sebesi memiliki potensi untuk dijadikan kawasan ekowisata tetapi sampai saat ini upaya  menuju arah tersebut belum direalisasikan secara optimal. Konsorsium Mitra Bahari Lampung melakukan insiatif dengan  mengadakan adanya ekowisata yang diharapkan sumberdaya alam di Pulau Sebesi akan tetap lestasi dan masyarakat dapat meningkatkan kesejateraan. Untuk menjadikan Pulau Sebesi sebagai kawasan ekowisata diperlukan perencanaan yang matang sehingga terbentuk konsep yang jelas mengenai ekowisata. Kegiatan ekowisata yang tidak terencana dan tidak sesuai dengan prinsip pengelolaan ekowisata justru akan menimbulkan dampak negatif.

Maksud dan tujuan Kajian Potensi Ekowisata Pulau Sebesi 2011 ini diantaranya untuk Mengidentifikasi potensi Pulau Sebesi untuk  dapat dikembangkan sebagai kawasan ekowisata.  Selain itu juga menyusun rekomendasi pengembangan ekowisata pulau sebesi yang meliputi aspek ekologis, sosial-budaya serta sarana dan prasarana

Sasaraan dari kegiatan ini adalah tersedianya peta potensi sumberdaya alam pesisir  Pulau Sebesi yang dapat di kembangkan untuk kegiatan ekowisata.  Selain itu juga tersedianya rekomendasi pengembangan ekowisata pulau sebesi yang meliputi aspek ekologis, sosial-budaya serta sarana dan prasarana

Akses menuju Pulau Sebesi adalah dari pelabuhan Canti yang ada di Kalianda Lampung Selatan. Transportasi dari Canti ke Pulau Sebesi menggunakan perahu motor (ojek) yang berangkat satu kali dalam sehari. Selain dari Canti, ke Pulau Sebesi juga dapat ditempuh dari Cilegon, Provinsi Banten dengan menggunakan perahu motor yang biasanya mengangkut kelapa dan kopra.

Pulau Sebesi termasuk dalam wilayah administrasi Desa Tejang Pulau Sebesi Kecamatan Raja Basa Kabupaten Lampung Selatan. Desa Tejang Pulau Sebesi terdiri dari empat dusun yaitu; Dusun I Bangunan, Dusun II Inpres, Dusun III Regahan Lada, dan Dusun IV Segenom. Luas wilayah Pulau Sebesi adalah 2620 ha dengan panjang pantai 19,55 km. Sebagian besar daratan Pulau Sebesi tersusun dari endapan gunung api muda dan merupakan daratan perbukitan. Bukit tertinggi di Pulau Sebesi mencapai 884 meter dari permukaan laut dengan bentuk kerucut yang mempunyai tiga puncak.

Pulau Sebesi adalah tempat yang cocok untuk mengamati aktifitas gunung Anak Krakatau. Pulau Sebesi dengan luas 1600 Ha adalah Pulau yang terdekat dangan anak Krakatau . Pulau ini juga dikenal sebagai tempat Wisata buru, dengan fasilitas yang telah tersedia ; Pesanggrahan dan cottage.

Tidak ada komentar: